Tips Menentukan Pilihan


Terinspirasi sebuah pesan dari teman membuat saya menggali lagi kalimat sederhana ini yang menurut saya mempunyai arti dan effek yang luas , apa sih kalimat itu …“ TAKE IT OR LEAVE IT “ , itulah kalimat sederhananya , Dimana letak arti dan dampak yang luas kalimat tersebut ,

Kalimat tersebut mempunyai arti bagi kita untuk menentukan pilihan setuju atau tidak setuju, jawaban yang ada hanya YA atau TIDAK , artinya kita diharuskan menentukan jawaban yang mempunyai makna berlawanan , dan pastinya berdampak pada hasil berlawanan juga

Mungkin tanpa kita sadari kita dihadapkan pada pilihan , yup ..sebuah pilihan , ” hidup ini sebuah pilihan andalah yang akan menentukan akan di bawa kemana kehidupan ini” .

Misalnya ada rekan anda yang menawarkan pekerjaan kepada anda , sedangkan anda saat ini sedang bekerja dalam hal ini  anda di paksa untuk memilih ya atau tidak , jika anda memilih tidak konsekuensinya kesempatan belum tentu datang 2 kali, dan kesempatan yang di tawarkan teman anda ini mungkin saja tidak akan ada di lain waktu atau anda memilih ,Ya konsekuensinya belum tentu tempat yang baru jauh lebih baik dari tempat saat ini anda bekerja, tetapi anda harus tetap memilih ….

Cara menentukan pilihan

Lantas bagaimana cara menentukan pilihan yang benar dari penawaran yang ada, berikut tips sederhana yang mungkin bermanfaat buat anda

  • Observasi , amati kelebihan dan kekurangan setiap pilihan yang akan anda pilih , cari pendapat dari orang lain yang lebih mengerti dan tidak ada kepentingan apapun
  • Bersahabat dengan hati , ikuti kata hati karena hati adalah tempat yang paling jujur dengan anda
  • Besar hati menerima resiko setiap keputusan yang akan anda ambil agar anda tidak menyesal di kemudian hari , paling tidak anda bisa bertahan dengan keadaan yang mungkin tidak menyenangkan atas pilihan anda
  • Berdoa dan berserah diri , inilah cara yang paling ampuh karena Tuhan yang memberikan takdir , maka Tuhan lah yang tahu apa yang terbaik buat kita

Setelah membaca tulisan ini ,sekarang pilihan ada ditangan anda apakah anda setuju dengan tulisan anda atau anda mempunyai pendapat lain , silahkan ungkapkan pendapat anda dengan mengisi komentar di bawah ini, Semoga bermanfaat

About these ads

41 Responses to “Tips Menentukan Pilihan”

  1. Abdul Says:

    Memilih sesuatu yang pasti atau yang tidak pasti? hmmm sangat sulit dilakukan, namun dengan resep cara menentukan pilihan saya yakin bisa memilih yang terbaik dari yang baik…

  2. rachmat Says:

    shalat istikharahnya mana gan? :)

  3. suryarahadianto Says:

    yup , masuk kategori berdoa mas , karena tips ini untuk semua orang bukan muslim aja ( saya sebagai muslim mengartikan berdoa salah satunya ya.. istikharah ), makasih uda mampir , kasih masukan juga lagi … makasih ya

  4. GM Says:

    nice info gan

  5. Abdul Sidik Says:

    mas saya lagi nunggu postingan mas yang selalu bermutu itu…

    • suryarahadianto Says:

      wah bang sidik , jadi ga enak ,saya cuma pemula , bang sidik neh yang sudah mantap…
      ada seh yang mau di tulis tp belum sempet terus neh :D , moga-moga ada manfaatnya

  6. iMemovaz Says:

    Klo pilihannya terlalu banyak gmn ya? manusia kan rakus, pengennya diambil smua,hehehe.. :)

    • suryarahadianto Says:

      betul gan manusia rakus ,… makanya lebih baik kita jangan jadi manusia rakus gan .. D:

      Syukuri apa yang ada kale ya…makasih uda mampir..

  7. saiful Says:

    artikel yang menarik , bisa jadi referensi

  8. Cahaya Says:

    banyak pilihan, jd bingung mode on. Pilihan template blog maksudnya. :D

  9. bagollum Says:

    hmmmm beruntung sekali bisa membaca tulisan yang bermanfaat seperti ini,
    thx mas, ;)

  10. Martos Says:

    Ane pernah dengar kalau bingung menentukan pilihan, kita sebaiknya Shalat Is.. Istikhorah. Benar gak mas?

    • suryarahadianto Says:

      betul gan, tp kita kadang shalat istikharoh tp ga berserah diri , beratnya ke pilihan yang menurut kita benar , ( berserah diri kan ada gan tips ke 4 :D )

  11. eko Says:

    aq gk tauuuu

  12. syahida Says:

    Mantab betul postingannya …
    dah ane link back shob

  13. Riki Hamdani Riki Says:

    Saya di hadapkan oleh 2 pilihan..
    sekarang saya kerja jauh dari ortu..
    di sinilah letak pilihan saya..
    ortu suruh saya pulang…
    lantas mana yg harus saya pilih pulang atau tetap lanjutkan pekerjaan saya di sini yang saya rasa cukup berat…

  14. ah360pta Says:

    artikel yang sangat bagus dalam memilih tujuan hidup, thank’s mas atas artikelnya, terbantu sekali saya

  15. Supri afta Says:

    Ya benar masalah saya hampir sama persis dgn contoh di atas,,
    semOga piliHAN SAYA Ini xg trbaik,amien

  16. Yuliani Says:

    aq Bgun Dlm Permasalahan ini.Q Pun Jg Tak Tahu Knpa Bsa Sperti Ini

  17. satir Says:

    Saya sekarang sedang dalam dilema, saya sangat membutuhkan masukan atas kegalauan saya sekarang. saya harap mas surya bersedia memberikan sedikit hasil pemikirannya untuk dijadikan masukan atas dilema dan galau yg sedang saya hadapi ini.

    Saya berusia 21 tahun. Saya baru saja jdi sarjana, dan saya sekarang sudah diterima bekerja di bank pemda, disisi lain. saya juga menjadi dosen part time. Ada keinginan saya untuk melanjuti S2. Namun saya harus mencari uang untuk membantu ibu saya yg terlibat hutang. Ayah saya sudah meninggal, saya bukan anak pertama. Saya anak ke ke 2 dari 5 bersaudara. kakak saya perempuan sudah menikah dan punya anak 1, namun dia dan suaminya pun bergantung hidup dengan orang tua saya. Dan adik2 saya sekolah dgn tanggungan ibu saya. Saya sebagai sarjana satu2nya dikeluarga, sangat ingin membantu ibu saya. Namun.. dengan gaji saya yang sekarang, mustahil untuk saya bisa membantu keadaan ibu saya. Teman saya yg sudah menjadi pramugari menyarankan saya untuk jadi pramugari GIA, krna pendapatannya yg besar. Tapi saya bigung haruskah saya melepaskan yg saya miliki sekarang? Karir di bank, dosen part time,,,

    Disisi lain, saya memiliki calon pasangan hidup, keluarganya sangat menyukai saya, namun mereka tidak suka dgn profesi pramugari. Ada kemungkinan jika mereka tahu, pertalian kami akan putus. hahaha.. i know it’s complicated. I’m so confused.. please help me, what supposed i do?

    • surya rahadiabto Says:

      mas satir , bingung juga ya , kalo pendapat saya ikuti kata hati , dan coba berpikir realistis mana resiko yang paling kecil dan minta pendapat kepada ibu, restu mana yang ibu akan berikan apakah menjalani yang sekarang ada atau menjadi pramugari, kalo masalah hutang saya seorang muslim dan saya percaya kalau kita mempunyai niat dan keinginan yang kuat untuk membayar insya Allah ada jalan

      O iya ini cuma sekedar pendapat saya , bukan menggurui , terima kasih sudah mampir, semoga mendapatkan pilihan yang tepat

  18. ADE SOPYAN Says:

    Assalamu’alaikum, mas saya punya masalah dalam memilih pekerjaanilsaya sekarang guru honorer dan sedang menempuh kuliah S-1, tetapi saya punya hutang cukup banyak setelah membangun rumah, kakak saya menawarkan pekerjaan menjadi penembang emas tradisional ikut dengannya, penghasilannya cukup jauh lebih besar dari saya. apa yang harus saya lakukan?

    • suryarahadianto Says:

      waalaikum salam wr wb , mas Ade , saya tidak bisa membantu pilihan yang mana tepat karena mas Ade yang akan menjalaninya , tapi cobalah langkah tulisan di atas ,

      mengenai hutang , seperti jawaban saya sebelumnya , saya seorang muslim dan saya percaya kalau kita mempunyai niat dan keinginan yang kuat untuk membayar insya Allah ada jalan

      semoga membantu , saya hanya bisa mendoakan semoga masalahnya selesai

  19. Candra Says:

    Good,fery good, thanks Mr.Surya

  20. dejay Says:

    makasih banyak tipsnya..;)sukses

  21. hasan basri Says:

    assalamualikum..mas sya mau minta pendapatnya nui’ say bingung nui mas sayakan sedang kuliah nui mas tp saya tinggal di pondok/pesantren salafi dan saya msih dibiyayai sama kedua orang tua saya..saya sempat punya pemikiran klo saya mau kerja mencoba cari uang supaya saya tidak minta uang trs sama ke-2 ortu saya, saya juga kepingin bisa ngasih mereka uang; tp saya harus rela gk tinggal di pondok lagi sedangkan hati saya rasanya berat banget buat ninggalin pondok,saya msih senang belajar ngaji tp kta guru ngaji saya “kamu tuh hrs bisa nentuin pilihan mau mondok apa kuliah pilih salah satu supaya hasilnya optimal.”yang membuat saya bingung sekarang sya hrus pilih mana nui mondok sambil kuliah apa kuliah sambil kerja supaya saya gk minta” trus sama ortu saya??sebelumnya trimaksih ea mass atas tips di atasnya tdi wassalam.

  22. fQseven Says:

    kalo udah terlanjur memilih gan.. ?? gmna..? dan ternyata pilihannya itu tidak sesuai dengan harapan kita gmna tuh gan..?? mohon infonya.. tks

  23. cahyo Says:

    saat ini aku bingung, maw kul ambil jur managemen atow teknik,
    galau…

  24. informasiindonesia Says:

    terima kasih untuk tips dalam menentukan pilihan, tetapi di dalam islam ada cara terbaik untuk yaitu dengan shalat istikharah

  25. yogi indra jaya Says:

    ya memeang harus nya gtu mas . ambilah keputusan apapun mau iya atau tidak semua nyabenar karena tuhan karena tuhan tdak akan menberikan sesuatu yang jelek pada mahluk nya. jawaban yang benar adalah anda jangan menyesali apa yang anda pilih.!! karena itulah yang benar. karena segala sesuatu ada kekurangan dan kelebihan nya . tnks

    by si maung lugay

  26. ady prasetyo Says:

    saya bingung

  27. ady prasetyo Says:

    saya bingung dengan dua pilihan nih!tolong bantu donk

  28. andy Says:

    Mas saya ♍a̶̲̥̅̊υ̲̣̥ tanya tolong di jawab Ýa̲̅ªª .
    Sekarang saya sebagai supir sudah selama 8 tahun,terus saya ditawarkan pekerjaa oleh saudara saya sebagai assiten staff bagian import di perusahaan cargo.Jadi yang buat saya bimbang jika nanti perusahaan yang baru gajinya lebih kecil dari yang lama tapi di satu sisi jabatan lebih enak yang baru dan pekerjaan yang lama mendapatkan fasilitas kesehatan untuk keluarga sedangkan yang baru hanya pekerja saja yang dapat .Jadi saya harus pilih yang lama apa yang baru Ýa̲̅ªª mas..trimakasih sebelumnya…

    • suryarahadianto Says:

      @mas andy , saya tidak dalam posisi mas andy jadi saya tidak bisa memberikan saran pilihan yang paling baik, coba mas andy ikutin 4 langkah diatas … makasih uda mampir moga pilihannya tepat ya

  29. Fiko Pramana Says:

    Persis dgn apa yg saya alami sekarang … ada 4 pilihan pekerjaan … ada 3 yg menjanjikan untuk masa depan,tp saya justru memilih yg keempat yg bisa dibilang tdk menjanjikan untuk masa depan … karena disitu hati saya merasa nyaman …
    Sekarang saya pasrahkan,smua itu kpd ALLAH SWT …
    Bismillahirrohmannirrohim


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • sunatullah.com
  • Blog Status

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru.

    Join 9 other followers

  • Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: